Senin, 30 April 2012

PT KA Akan Kuak Potensi Wisata Bandung-Cianjur

STASION,(GM) - PT Kereta Api (KA) mewacanakan pengoperasian kereta uap di jalur Bandung-Cianjur. Hal itu sebagai langkah untuk meningkatkan potensi wisata di jalur tersebut.

Vice President Bangunan Unit Pelestarian Benda Bersejarah PT KA, Bidjak Filsadjati mengatakan, jalur Bandung- Cianjur memang memiliki potensi wisata yang cukup besar. Di antaranya adalah bangunan heritage stasiun kereta api yang ada di jalur tersebut. Termasuk juga jembatan dan terowongan yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Apalagi heritage dan bangunan jembatan dan terowongan tersebut merupakan bangunan bersejarah peninggalan jaman Belanda.

"Banyak potensi wisata yang ada di jalur Bandung-Cianjur, selain heritage, jembatan, dan terowongan, pemandangan di jalur tersebut pun cukup indah. Apalagi di Kab. Cianjur ada situs megalitikum Gunung Padang yang memiliki nilai sejarah tinggi," jelas Bambang, Minggu (26/2).

Dikatakan, peningkatan potensi wisata tersebut dilakukan dengan berbagai upaya. Bahkan pihaknya pun telah melakukan pemetaan untuk potensi wisata di sana. Seperti yang dilakukan pada Selasa (21/2) lalu. Pihaknya bersama Duta Besar Kerajaan Belanda dan Pusat Kebudayaan Belanda (Erasmus Huis) melakukan mapping potensi wisata di wilayah Bandung-Cianjur.

"Rencananya hasil mapping itu akan dibuat menjadi katalog, sebagai salah satu bahan untuk pameran perkeretaapian yang diselenggarakan Erasmus Huis di Belanda," katanya.

Tentunya hal tersebut menjadi salah satu peluang untuk peningkatan pariwisata di wilayah tersebut.
(B.99)**

sumber GALAMEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakanlah kata yang bermafaat bagi kita semua.