Selasa, 24 April 2012

Pembelian Ticket H-90


Dalam rangka peningkatan pelayanan dalam hal kemudahan calon penumpang mendapatkan tiket, PT KAI (Persero) sejak tanggal 8 Maret 2012 mulai memberlakukan penjualan tiket kereta api 90 hari sebelum keberangkatan (H-90). Ketentuan tersebut berlaku untuk KA kelas eksekutif, Bisnis dan Ekonomi komersial (Gajah Wong, Bogowonto, Malabar). Sementara itu tiket kelas ekonomi non komersial tetap, yaitu H-7.Launching pemberlakuan pembelian tiket H-90 tersebut diumumkan secara resmi oleh Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito di Stasiun Gambir (8/3/2012). “Pemesanan tiket bisa dilakukan di loket-loket stasiun KA, melalui Contact Centre 121, agen-agen tiket, Indomaret, Kantor Pos, dan lainnya,” jelas Wimbo.

Wimbo juga menjelaskan, peluncurannya di bulan Maret juga dalam rangka menyambut masa liburan sekolah di bulan Juni. “Kita tahu kalau tiket pesawat bulan Juni sudah bisa dibeli dari sekarang, maka kereta api sekarang juga sudah bisa,” tambah Wimbo. Dengan kebijakan ini, Wimbo berharap calon penumpang menjadi lebih mudah dan leluasa dalam memperoleh tiket, serta lebih leksibel dalam merencanakan perjalanan sesuai keinginan.

Untuk mempersempit ruang gerak percaloan, PT KAI juga menerapkan ketentuan 1 tiket hanya untuk 1 calon penumpang. “Calon penumpang wajib menyertakan fotocopy identitas diri seperti KTP, paspor atau kartu pelajar saat transaksi tiket,” jelas Wimbo lagi.

Pembelian tiket H-90 merupakan bagian dari berbagai terobosan PT KAI di tahun 2012 dalam rangka meningkatkan keamanan, kenyaman dan keselamatan penumpangnya. Beberapa terobosan tahun 2012 tersebut diantaranya boarding pass di stasiun keberangkatan yang hanya mengizinkan penumpang yang telah memiliki tiket untuk masuk peron stasiun, pembatasan kapasitas angkut maksimal 100 % dengan meniadakan penjualan tiket tanpa tempat duduk (tiket berdiri), larangan merokok di dalam semua KA, serta larangan pedagang asongan berjualan di dalam KA.

sumber MajalahKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Katakanlah kata yang bermafaat bagi kita semua.